IAIN Langsa
Warek I : Kembangkan Dakwah Lewat ICT

18 November 2019

Kota Langsa (Humas) - Guna menyahuti perkembangan zaman di era disruptif, dakwah tidak lagi terbatas pada dakwah bil lisan dan bil hal, namun demikian penyampaian dakwah dapat dikembangkan lewat ICT, (information, communication dan teknologi).

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA saat membuka seminar internasional yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di aula Laboratorium kampus setempat pada Senin (18/11/2019).

"Dulunya kita sering menyebutkan bahwa ada dakwah bil lisan dan dakwah bilhal kemudian dalam era distrupsi ini kita harus mengembangkan ide dengan menggunakan ICT (information, communication, teknologi), mengisi konten-konten dakwah di media sosial,"jelasnya.

Dikatakannya, saat ini banyak konten media sosial yang diisi dengan konten-konten negatif yang tidak memiliki dampak positif malah dapat merusak cara berfikir generasi muda.

"Kawan-kawan yang berada di Fakultas Dakwah ini harus konten dakwah sehingga konten-konten negatif itu bisa diminimalisir dan konten positif (dakwah) bisa berkembang untuk memberikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan,"ungkaspnya.

Sambungnya, saat ini dakwah juga disampaikan oleh influencer, yaitu seseorang bisa menjadi orang yang memberikan pengaruh yang luar biasa dan merubah sikap orang lain dengan konten-konten yang disiapkan dalam media sosial sehingga dia bisa mempengaruhi keadaan yang lebih baik.

"maka kita berharap bahwa mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam menjadi garda terdepan untuk menyebarkan dakwah lewat perkembangan ICT,"imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Langsa Kamaruddin mengatakan, kegiatan ini merupakan pertma kalinya dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan yang berskala internasional.

Kamaruddin berharap, seminar ini nantinya mampu menghasilkan sebuah pencerahan mengenai urgensi dakwah di era disruptif.

Seminar internasional itu menghadirkan narasumber dari sejumlah negara diantaranya, Murat Karayildirim dari Turky, Dr. Zulkefli Bin Aini dari Malaysia, Suryani Hardjo, S. Psi, MA, Psikolog dari Sumatera Utara dan Dr. Asrar Mabrur Faza, MA dosen IAN Langsa.

Seminar internasional diikuti oleh ratusan mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Langsa juga dari IAIN Lhokseumawe.(Syahrial)