IAIN Langsa
Upacara Peringatan Harlah Pancasila Di IAIN Langsa Berlangsung Khitmad

01 Juni 2019

Kota Langsa (Humas) – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa yang digelar di halaman Rektorat kampus setempat pada Sabtu (1/6/2019) pagi berlangsung dengan khitmad.

Pada upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA.

Upacara diawali dengan membacakan ayat suci Al-qur'an, laporan dan penghormatan kepada Inspektur Upacara, membacakan teks Pancasila,  pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks UUD 1945, amanat Inspektur Upacara dan ditutup dengan do'a.  

Saat membacakan amanat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Rektor menyebutkan,  Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,”ucapnya.

Lanjut Rektor, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila berarti membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai "leitstars dinamis", bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,”demikian tutupnya.

Upacara tersebut diikuti oleh pimpnan rektorat, para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, pejabat struktural, para kepala UPT dan para ASN, juga turut bergabung para ASN dari Kantor Kementerian Agama Kota Langsa. (Syahrial)