IAIN Langsa
Ibnu Sa’dan: Bangun Kedekatan Kultural Bukan Struktural

05 Juli 2019

Kota Langsa - Dalam sebuah organisasi, antara pimpinan dan bawahan sebaiknya dibangun kerjasama yang baik sehingga tercipta hubungan kerja yang harmonis dan nyaman yang pada akhirnya akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula, untuk membangun hubungan yang baik itu, pimpinan mempunyai pola dan cara masing-masing dalam melaksanakan tugas sebagai leader atau pemimpin.

Begitu juga halnya dengan Kepala Biro AUAK IAIN Langsa periode 2015-2019, pejabat stuktural tertinggi di kampus Zawiyah Cot Kala Langsa ini dalam memimpin membangun kedekatan berbasis kultural bukan dengan stuktural, “Dengan kedekatan kultural, rasa persaudaraan dengan sesama akan terus terjalin meskipun berbeda jarak, meskipun berbeda tempat tugas, hubungan persaudaraan akan terus berlanjut,” kata Drs.H.Ibnu Sa’dan, M.Pd.

Menurutnya, kedekatan antara atasan dan bawahan itu penting agar karyawan dapat bekerja dengan nyaman dan baik. “Atasan memiliki wewenang yang lebih tinggi dan memiliki kuasa untuk memerintah apapun kepada bawahannya. Namun jabatan bukanlah hal yang membatasi hubungan baik seorang pimpinan dengan bawahan,” ujarnya, Jumat (05/07/2019) disela-sela pelantikan pejabat pelaksana akademik dan jabatan administrasi IAIN Langsa.

Ia berharap walaupun sudah ditugaskan di tempat lain sebagai kepala Biro AUPK UIN Ar Raniry Banda Aceh, hubungan persaudaraan yang selama ini telah terjalin dengan baik akan terus terjaga dan berlanjut. “Saya mohon maaf apabila saya bertugas disini banyak kesalahan dan kesilapan yang dilakukan, mudah-mudahan jalinan persaudaraan ini akan terus terjalin, doakan saya sukses disana,” pintanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Drs. H. Ibnu Sa'dan, M. Pd kepala Biro AUAK IAIN Langsa mendapat amanah baru sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) pada UIN Ar Raniry, Banda Aceh, beliau dilantik oleh Menteri Agama R.I Lukman Hakim Saifuddin.

Prosesi pelantikan, penandatangan berita acara, dan pengambilan sumpah jabatan digelar di ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat. Selasa (2/7/2019) siang.

Sedangkan Drs. Wardija, M. AP yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Lhokseumawe kini ditugaskan pada jabatan yang sama di IAIN Langsa.

Rektor IAIN Langsa, Dr.H.Basri, MA, mengucapkan terima kasih kepada Drs. H. Ibnu Sa'dan, M. Pd atas pengabdian dan dedikasi selama ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibnu Sa'dan yang sudah banyak berbuat untuk kemajuan lembaga, dan selamat bertugas ditempat yang baru, semoga selalu diberikan kesuksesan," ujarnya.

Rektor berharap, mantan Kakanwil Kemenag Aceh itu bisa berkoordinasi dan membantu kampus dalam hal meningkatkan mutu dan kerjasama dengan berbagai pihak. "Mudah-mudahan beliau terus membantu kita dalam hal meningkatkan kemajuan lembaga ini," imbuhnya. (Jml)