blog_2
IAIN Langsa Terima 1.400 Mahasiswa Baru

12 Februari 2019

KOTA LANGSA (Humas) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa akan menerima 1.400 orang mahasiswa baru pada tahun 2019 melalui tiga jalur seleksi.


Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA, selasa (12/2) pagi.


Basri menjelaskan bahwa ketiga jalur seleksi tersebut adalah, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Jalur Mandiri, yang semuanya dibuka secara online.


“Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online, calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, tidak ada antrian, dan semua orang bisa melakukan secara mandiri,” jelas ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ini.


Dikatakan Basri, bahwa untuk jalur SPAN-PTKIN proses pendaftaran dengan cara masuk ke website www.span-ptkin.ac.id mulai tanggal 23 januari sampai 28 februari 2019, sedangkan jalur UM-PTKIN dengan cara masuk ke www.um-ptkin.ac.id mulai tanggal 2 sampai 30 April 2019, sedangkan jalur mandiri bisa mendaftar melalui website www.iainlangsa.ac.id mulai tanggal 24 Juni sampai 19 Juli 2017.

“Tahun ini IAIN Langsa menyediakan 18 jurusan yang terbagi dalam 4 Fakultas,” jelas Basri.


Basri mengharapkan agar putera daerah dapat memanfaatkan peluang masuk ke IAIN Langsa, karena sistem pendaftaran secara online membuka peluang kepada seluruh warga negara Indonesia dimanapun berada untuk mendaftar pada kampus tersebut.


“Calon mahasiswa dari seluruh Indonesia bisa mendaftar secara langsung pada IAIN Langsa, untuk itu kita harapkan putera Aceh terutama dari Aceh Timur, Langsa, Tamiang dapat memanfaatkan peluang tersebut,” Ujar Basri.


Ia juga menambahkan bahwa tahun ini IAIN Langsa akan menyediakan beberapa jenis beasiswa kepada mahasiswa berprestasi.
“Selain uang kuliah yang relative sangat murah, kemudian untuk membantu siswa yang berprestasi tetapi tidak msampu secara ekonomi, tahun ini akan disediakan beberapa jenis beasiswa,”imbuhnya.


Lanjut Basri, saat ini IAIN Langsa terus meningkatkan layanan sarana pembangunan guna menunjang proses perkuliahan yang lebih baik lagi, tahun ini IAIN Langsa telah memiliki gedung laboratorium terpadu.


“Laboratorium terpadu digunakan sebagai praktek kegiatan mahasiswa pada masing-masing jurusan, sehingga mahasiswa benar-benar terampil dalam bidang ilmu yang ditekuni,”sebutnya.


Selain itu, sistem pelayanan akademik telah berbasis online dan peningkatan kualitas serta publikasi ilmiah terus meningkat setiap tahunnya.(Syahrial)