IAIN Langsa - BPS Langsa Teken MoU

18 Oktober 2018 Diposting oleh : Humas

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA dan Kepala BPS Kota Langsa Ir. Amir Fadhli saat melakukan penandatangan MoU.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA dan Kepala BPS Kota Langsa Ir. Amir Fadhli saat melakukan penandatangan MoU.

KOTA LANGSA (Humas) -  Guna meningkatkan kesadaran data statistik, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa bersama Badan Pusat Statistik Kota Langsa melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  Kamis (18/10) pagi. 
 
Adapun ruang lingkup kerjasama yang tertuang dalam MoU tersebut meliputi, pengembangan ilmu pengetahuan dibidang statistik,  pertukaran informasi,  akses data statistik,  publikasi penelitian dan penyebarluasan informasi statistik, pelaksanaan penelitian mahasiswa dan dosen,  magang, serta dukungan akses data dan informasi statistik bagi kepentingan dunia pendidikan. 
 
Selain melakukan kerjasama ditingkat Institut, BPS Kota Langsa juga menandatangani Memorandum Of Action (MoA) antara Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf,  Jurusan Ekonomi Syariah dan Manajemen keuangan Syariah.
 
Pada saat yang bersamaan juga dilangsungkan kegiatan seminar statistik dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2018.
 
Seminar tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Iqbal,  M. Pd Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dan Ir. Amir Fadhli Kepala BPS kota Langsa. 
 
Kepala BPS kota Langsa Amir Fadhli dalam sambutannya mengatakan, semangat perayaan HSN sejatinya adalah upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik. 
 
"Kita patut bersyukur Presiden Joko Widodo sangat sadar akan pentingnya statistik dan memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada BPS. Bahkan pada beberapa kesempatan, beliau menekankan agar Kementerian/Lembaga menggunakan dan mengacu pada data BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan,"katanya. 
 
Dikatakannya, tema dari peringatan HSN 2018 adalah “Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa. 
 
"Dengan tema ini diharapkan kita berkerja secara bersama dengan menggunakan data untuk Indonesia yang lebih sejahtera,"imbuhnya. 
 
Sementara itu,  Rektor IAIN langsa Dr. Zulkarnaini,  MA mengucapkan terima kasih kepada pihak BPS kota Langsa yang telah memilih IAIN langsa sebagai tempat pelaksanaan seminar. 
 
"Terima kasih banyak kepada BPS Langsa yang telah bersedia bekerjasama dengan kami, terima kasih telah menjadikan IAIN Langsa sebagai tempat pelaksanaan seminar statistik,"sebutnya. 
 
Melalui kegiatan ini,  lanjutnya,  akan muncul angka-angka dalam statistik disetiap sektor, seperti jumlah angka penduduk,  tingkat pendidikan dan perkembangan ekonomi di Kota Langsa.
 
Menurutnya, statistik memegang peranan penting terhadap pengambilan keputusan dan dalam kehidupan sosial masyarakat. 
 
"Bangsa yang maju tidak terlepas dari peran stastik dan pengambilan kebijakan pemerintah juga berdasarkan data yang disajikan oleh statistik,"tandasnya. 
 
"Salah satu kelebihan statistik adalah mnyajikan semua informasi dengan lebih mudah,"tambahnya.
 
Zulkarnaini yakin kerjasama ini akan membawa dampak postif untuk pengembangan data statistik.(Syahrial)