blog_2
Civitas Akademika IAIN Langsa Ikuti Upacara HAB Ke 73

04 Januari 2019

KOTA LANGSA (Humas) – Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengikuti upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 73 yang digelar di Lapangan merdeka Kota Langsa, Kamis (3/1) pagi.

Upacara Hari Amal Bhakti ke 73 yang diperingati setiap tanggal 3 januari ini berlangsung dengan khitmad.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA usai mengikuti upacara mengatakan, saat ini Kementerian Agama telah memainkan peran yang luar biasa dalam pembangunan negeri, terutama sekali pembangunan bidang keagamaan dan peningkatan kualitas kepribadian bangsa, pendidikan dan lain-lain.

Namun, lanjutnya, kementerian agama juga banyak menghadapi tantangan dari berbagai pihak, ini membutuhkan semangat kebersamaan dan upaya-upaya yang sungguh-sungguh memperjuangkan membela, mempertahankan Kementerian Agama dengan cara meningkatkan kualitas dalam berbagai bidang.

“Kedepan saya kira tantangan ini akan menjadi lebih berat, jadi karena itu jalan yang paling mendasar untuk memajukan Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitasnya dalam berbagai hal, baik dalam bidang pelayanan, peningkatan pendidikan dan peningkatan kualitas pribadi-pribadi aparaturnya,”tuturnya.

Kepada civitas akademika IAIN Langsa Zulkarnaini berpesan, IAIN Langsa yang merupakan bagian dari Kementerian Agama harus terus meningkatkan kualitas mutu, pelayanan dan semangat kebersamaan, karena IAIN Langsa adalah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan tentu saja mempunyai tugas dan fungsi yang lebih berat.

“Karena kamajuan dan kemunduran bangsa itu sangat ditentukan oleh pendidikan, kalau ini lemah ya tanggung jawab kita sangat besar saya kira, oleh karena itu lembaga IAIN harus memainkan peran yang lebih besar dalam upaya meningkatkan kualitas aparatur Kementerian Agama,”tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM selaku Pembina upacara saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan, Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

Ajakan yang sama pula ditujukan kepada semua elemen bangsa, untuk menjaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa.

“Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari, mari jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan saling melukai hati antarsesama anak negeri,”imbuhnya.

Dirinya memohon perhatian semua elemen umat beragama, para ulama dan tokoh agama, serta jajaran Kementerian Agama terhadap urgensi ketahanan keluarga sebagai basis ketahanan bangsa. Pembinaan ketahanan keluarga haruslah dilakukan terus menerus tiada henti.

Ia juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, serta kepada semua instansi terkait, atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini.

“Semoga kerjasama dan kebersamaan itu dapat semakin ditingkatkan di masa-masa mendatang,”sebutnya. (Syahrial)