slot online terpercaya

IAIN LANGSA

IAIN Langsa
Prodi Psikologi Islam Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Kolaborasi Internasional

Pidie, Aceh (Humas PIS) - Program Studi (Prodi) Psikologi Islam (PIS) dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk kolaborasi Internasional di Camp Pengungsian Rohingya Minaraya, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 4 hingga 6 Juni 2024.

Pelepasan para peserta dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. Mawardi Siregar, M.A., di halaman gedung fakultas kampus setempat. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mawardi Siregar M.A. mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata dan bermanfaat bagi para pengungsi Rohingya yang berada di Aceh.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, yang juga bertindak sebagai pimpinan rombongan, Dr. Danil Putra Arisandy, M.Kom.I., menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan lapangan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dimulai sejak tanggal 9 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Juni 2024. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan psikologis serta mengadakan berbagai program pemberdayaan kepada para pengungsi Rohingya, guna membantu mereka menghadapi traumatis yang dialami serta meningkatkan kualitas hidup mereka di pengungsian,” ujar Danil Putra Arisandy.

Program pengabdian ini melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, serta mitra kerja sama internasional yakni JRS-Indonesia yang bersama-sama memberikan layanan psikologis dan kegiatan edukatif lainnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan psikoedukasi, pelatihan keterampilan hidup, serta program pendidikan untuk anak-anak pengungsi.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari pengungsi dan pihak berwenang setempat. Mereka berharap agar program serupa bisa terus dilanjutkan dan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memperlihatkan komitmen IAIN Langsa, khususnya Prodi Psikologi Islam, dalam menjalankan peran sosialnya serta memberikan dampak positif di tingkat lokal dan internasional.