IAIN Langsa
Wakil Walikota Langsa Serahkan Zakat Ibnu Sabil

25 Oktober 2019

Kota Langsa (Humas) - Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM menyalurkan zakat senif Ibnu Sabil kepada Institut Agama Islam Negeri Langsa di ruang Pascasarjana kampus setempat pada Jum'at (25/10/2019).


Zakat sebesar Rp. 25 juta yang bersumber dari Baitul Mal Kota Langsa itu diterima langsung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA.

Marzuki menyebutkan, selama ini pihaknya menyerahkan zakat tersebut kepada pimpinan lembaga pendidikan masing-masing untuk didistribusikan kepada para mahasiswa.

"Terserah pak Rektor didistribusikan kemana, karena bapak/ibu yang lebih paham kondisi mahasiswa. Jika secara person diberikan, Baitul Mal juga tidak sanggup melayani, makanya kita salurkan kepada pimpinan masing-masing,"jelas Wakil Walikota.

Marzuki juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sivitas akademika IAIN Langsa yang telah menyalurkan zakat dan infaqnya melalui Baitul mal.

"Mudah-mudahan ini terus berlanjut untuk kepentingan umat. Sehingga IAN Langsa bisa menjadi role model bagi lembaga pendidikan lainnya," ujar Marzuki seraya berharap agar para dosen dapat mendakwahkan ini (zakat) kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Marzuki meminta agar Civitas Akademika IAIN Langsa dapat terus meningkatkan budaya diskusi akademik yang menyangkut berbagai aspek, seperti politik, sosial, keagamaan, hukum dan lainnya, sehingga dapat membawa pencerahan bagi masyarakat.


"Jika ada isu-isu yang aktual langsung didiskusikan oleh IAIN Langsa,"tukasnya.


Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Langsa yang telah memberikan zakat senif Ibnu Sabil.


Rektor akan menyalurkan bantuan tersebut melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama kepada mahasiswa akhir yang akan menyelesaikan kuliah namun terkendala pada pembayaran uang kuliah.

 

"Bagi mahasiswa semester tinggi yang akan meneyelesaikan kuliah namun terkendala dengan uang semester, maka akan dibantu uang kuliah selama satu semester,"demikian Rektor.(Syahrial)