Tarian Meulimbong Sukses Ditampilkan Di Ajang Peksimida

13 September 2018 Diposting oleh : Humas

Peserta tari dari kontingen IAIN Langsa saat tampil di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke XIV di Unsyiah Banda Aceh.

Peserta tari dari kontingen IAIN Langsa saat tampil di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke XIV di Unsyiah Banda Aceh.

BANDA ACEH (Humas) - Kontingen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, kamis (13/9) pagi, sukses menampilkan tarian kreasi "Meulimbong" di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) ke XIV.

Kontingan IAIN Langsa tampil pada urutan pertma dengan menggunakan kostum warna hijau hitam.

Munawir S. Sos. I, pelatih tari mengatakan, tarian kreasi meulimbong ini menceritakan tentang permainan tradisional khususnya Aceh, salah satunya bermainan layang-layang.

"Ini menggambarkan keseharian masyarakat yang kerap bermain layang-layang,"katanya.

Dijelaskannya, saat sekarang ini, seiring berkembangnya teknologi, permainan layang-layang sudah mulai ditinggalkan dan kurang diminati.

Selain menjadi salah satu permainan, lanjutnya, permainan layang-layang memiliki fungsi sebagai alat bantu memancing atau menjerat serta mendapatkan keseruan yang membuat permainan ini menjadi permainan alternatif di Aceh.

"Jadi tarian ini memiliki pesan untuk menggalakkan kembali permainan rakyat yang sudah mulai ditinggalkan,"ujarnya.

Tarian ini terdiri dari lima orang penari dengan menggunakan instrumen musik. 

Adapun cabang perlombaan tari, diikuti oleh lima perguruan tinggi yang ada di negeri Serambi Mekkah ini. 

Pada saat yang bersamaan, Saiful Maulana juga mengikuti perlombaan desain poster yang bertema Merajut Budaya Nusantara, Saiful harus fokus selama enam jam untuk memberikan karya terbaiknya. (Syahrial).