IAIN Langsa
STEBI AL Ulum Medan - IAIN Langsa Teken MoU

17 September 2019

Kota Langsa (Humas) - Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al Ulum Terpadu Medan, Sumatera Utara menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri Langsa di ruang rapat Rektor, Selasa (17/9/2019).

Selain dengan STEBI Al Ulum Terpadu Medan, penandatanganan MoU juga dilakukan antara IAIN Langsa dengan Pascasarjana UIN Sumatera Utara Prodi Hukum Islam, Pascasarja IAIN Langsa dengan Pascasarjana UIN Sumatera Utara Prodi Hukum Islam, IAIN Langsa bersama STEBI Al Ulum Terpadu, STEBI Al Ulum Terpadu dengan Fakultas Syariah IAIN Langsa dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa STEBI Al Ulum Terpadu Medan.

Kerjasama yang akan dijalankan dalam lingkup bidang pendidikan dan sosialisasi, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, menyelenggarakan seminar, program pendidikan, pelatihan dan Praktek Lapangan (OJT) dan meningkatkan Pelayanan Prima dalam rangka supremasi hukum dan pelayanan publik berbasis Syariah Islam/Hukum Islam.

 

Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Dr. H. Basri, MA menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh tiga lembaga pendidikan tersebut.

Dikatakan Rektor, secara historis, hubungan kerjasama antara Aceh dan Sumatera Utara sudah sudah terjalin sejak zaman penjajahan Belanda, dimana Aceh dan Sumatera Utara saling berkolaborasi menyusun strategi untuk melawan Belanda.

“Sejak zaman penjajahan Belanda dulu Aceh dan Sumut telah berkolabirasi untuk menyusun strategi melawan penjajahan Belanda, bahkan saat membangun lembaga pendidikan dulu IAIN Sumut (UIN Sumut) sekarang merupakan binaan dari UIN Ar Raniry Banda Aceh, para dosen IAIN Langsa juga mayoritas banyak alumni dari UIN Sumut, jadi sudah selayaknya kerjasama yang sudah dibangun sejak dulu dapat dipertahankan dan ditingkatkan kembali,”jelas Rektor.

Rektor berharap kerjasama yang dilaksanakan nantinya dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, sehingga akan membawa dampak yang positif untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Ketua STEBI Al Ulum terpadu Medan Dr. Suhendi, SE, MA mengatakan, kedatangan pihaknya di kampus IAIN Langsa untuk menimba sistem manajerial lembaga, pengelolaan lembaga dan layanan-layanan  akademik lainnya.

Dirinya berharap, penandatanganan MoU ini menjadi pintu awal untuk saling dapat bekerjasama sesusai dengan butir-butir MoU yang ada.s

Sementara itu, Ketua Program Studi Hukum Islam  Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA mengatakan, kerjasama antar lembaga perguruan tinggi, disamping untuk meningkatkan networking, juga menjadi salah satu tuntutan borang akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Selain itu juga untuk memperkuat jalinan silaturahmi yang telah terbangun selama ini.

Penandatanganan MoU ini turut disaksikan oleh pimpinan Rektorat, pimpinan Fakultas, para ketua Prodi, para kepala lembaga dan undangan lainnya.(Syahrial)