IAIN Langsa
Prodi HTN Jalani Visitasi Akreditasi dari BAN-PT

07 Agustus 2019

Kota Langsa (Humas) - Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa pada Rabu (7/8/2019) pagi menjalani visitasi akreditasi oleh Badan Akretidasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Tim Assesor yang berjumlah dua orang ini adalah Dr. Ahmad Yani Anshori, M. Ag dan Dr. M. Nurul Irfan, M. Ag. Kedatangan dua Assesor ini disambut langsung Rektor, pimpinan Rektorat, pimpinan fakultas dan Kepala Unit lembaga lainnya.

Selanjutnya rombongan menuju ruangan rapat Rektor untuk melakukan perkenalan dan silaturahmi dengan unsur pimpinan Rektorat dan Fakultas.

Usai silaturahmi, rombongan beranjak menuju Fakultas Syariah, bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa beserta unsur fakultas lainnya, tim assesor melakukan peninjauan fasiltas sarana dan prasarana di gedung tersebut.

Selanjutnya, tim Akreditasi bekerja menjadi dua tim, tim pertama akan mengupas borang Prodi, melakukan wawancara dengan mahasiswa sedangkan tim kedua melakukan evaluasi borang Fakultas, wawancara dengan dosen, tenaga kependidikan dan stake holder terkait lainnya.

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA mengucapkan selamat datang kepada tim assesor.

"Kami atas anama pimpinan IAIN Langsa mengucapkan selamat datang mepada para Assesor di IAIN Langsa,"sebut Rektor seraya menjelaskan secara singkat profil Kota Langsa.

Rektor juga memamaparkan secara umum historis dan perkembangan IAIN Langsa.

IAIN Langsa saat ini memiliki 18 Prodi s1 dan 3 Prodi pada Program Pascasarjana,”imbuhnya.

Dikatakan Rektor, selama ini pihaknya telah semaksimal mungkin melakukan pelayanan akademik sesuai dengan standar borang akreditasi yang saat ini akan dilakukan asesmen lapangan.

Rektor berharap,tim assesor disamping mengevaluasi juga memberikan masukan demi kemajuan pendidikan IAIN Langsa.

Mudah-mudahan hasil akreditasi ini memuaskan sehingga dapat menambahkan trust (kepercayaan) masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya, juga IAIN Langsa mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,”demikian Rektor.

Sementara itu, salah seorang tim assesor Dr. Ahamd Yani Anshori, M.Ag mengatakan, akreditasi merupakan penilaian terhadap diri sendri, jika nanti keluar score maka itulah simbol angka lembaga bagi sebuah lembaga.

Ahmad Yani meminta semua pihak yang berkompeten untuk dapat memberikan data-data yang sesuai dengan fakta sehingga akan memudahkan proses asesmen lapangan.(Syahrial)