IAIN Langsa
Permudah Layanan Mahasiswa, Kabag TU Fasya Rancang Aplikasi SAKSI

14 November 2019

Kota Langsa (Humas) - Stelah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat-PIM III) angkatan ke-LX di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jl. H. Juanda no. 37 Ciputat sejak tanggal 13 Agustus s/d 23 Nopember 2019, Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Syari'ah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Syahrial, S. Ag berhasil merancang aplikasi SAKSI (Surat Aktif Kuliah secara Online).


Syahrial menjelaskan, aplikasi tersebut telah dilaunching di Aula fakultas Syari'ah IAIN Langsa pada hari Senin tanggal 28 Oktobber 2019 lalu yang dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang ADMinistrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Syariah IAIN Langsa.


"Semoga aplikasi ini berjalan lancar dan lebih efektif dan efisien dalam uapya peningkatan layangan kepada mahasiswa,"imbuh Syahrial kepada tim humas, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut Syahrial menjelaskan, aplikasi tersebut dapat diakses melalui : “layanan.syariah.iainlangsa.ac.id” setelah Url diklik maka akan tampil menu jenis surat, para mahasiswa cukup mengetik Nim dan Nama yang sesuai dengan data di SIAKAD. Jika pengetikan salah maka aplikasi tersebut tidak menemukan hasil, dan Surat Aktif ini hanya bisa di akses oleh mahasiswa aktif.

"Setelah surat aktif dicetak, kemudian para mahasiswa hanya mendatangi bidang administrasi untuk mengambil nomor surat keluar sekalian di paraf oleh pejabat yang berwenang dan distempel basah,"terangnya.


Menurut Syahrial yang merupakan Project Leader, ada beberapa manfaat dari apliaksi ini diantaranya, memudahkan pelayanan administrasi terhadap mahasiswa, menghindari penumpukkan dokumen dan antrian mahasiswa, penyajian data lebih valid dan terhindar dari penyajian data yang salah, pelayanan administrasi kemahasiswaan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, pelayanan administrasi kemahasiswaan lebih menyenangkan, menghindari kesalahan pengetikan data yang berulang-ulang, mengurangi penggunaan ATK, mengurangi keluhan/komplain mahasiswa.

Selain itu, dapat mengatasi kekurangan jabatan fungsional umum (JFU) dan pelayanan administrasi tidak membutuhkan banyak orang, meningkatkan kepercayaan publik, data yang dibutuhkan tersaji dengan cepat dan tepat dan pelayanan lebih efektif dan efesien.


Peningkatan layanan ini sangat didukung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA sebagai upaya memajukan dan meningkatkan pelayanan prima bagi mahasiswa.

"Semoga kegitan ini bermanfaat bagi kita semua. Mengingat jumlah pegawai yang ada di Fakultas Syariah IAIN Langsa sangat minim dan harus memberi pelayanan administrasi terhadap ribuan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Langsa yang semakin tahun meningkat jumlahnya,"imbuh Rektor.(Syahrial)