PEKSIMIDA Ke XIV Resmi Dibuka

10 September 2018 Diposting oleh : Humas

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa Dr. Zainuddin, MA foto bersama usai acara pembukaan Peksimida ke XIV di Unsyiah Banda Aceh.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa Dr. Zainuddin, MA foto bersama usai acara pembukaan Peksimida ke XIV di Unsyiah Banda Aceh.

BANDA ACEH (Humas)  - Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Aceh Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC resmi membuka Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) ke XIV yang berlangsung di Aula Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah Banda Aceh, senin (10/9) sore.

Ketua panitia pelaksana Drs. M. Nasir Ibrahim mengatakan, Peksimida merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

"Kegiatan ini agenda rutin yang harus dilaksanakan oleh PTN dan PTS yang diselenggarakan setiap tahun genap,"katanya.

Dikatakannya, peserta yang lolos pada kegiatan Peksimida harus siap untuk mengikuti Peksiminas yang akan berlangsung di Yogyakarta.

"Siapa yang menjadi pemenang akan mewakili Aceh menuju Peksiminas, setiap mahasiswanya yang menang harus siap untuk mengirimkan utusannya ke Peksiminas,"ujarnya.

Tahun ini, lanjutnya, peserta yang mengikuti Peksimida berjumlah 13 Perguruan Tinggi.

Adapun kegiatan yang diperlombakan adalah tari, vocal group, nyanyi tunggal pop, nyanyi tunggal dangdut, nyanyi tuggal keroncong, nyanyi tunggal seriosa, penulusan puisi, penulisan lakon, baca puisi, monolog, lukis, desain poster, fotografi, komikstrip dan musik rebana.

Sementara itu, ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia Aceh Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC saat membuka acara mengatakan, berkumpulnya ratusan mahasiswa dari berbagai daerah dan perguruan tinggi di Ibu Kota Provinsi Aceh ini disatukan oleh seni.

"Ratusan mahasiswa dari berbagai pelosok di Aceh, berkumpul pada hari ini, meskipun satu sama lain antar peserta tidak saling mengenal, namun paling tidak kita semua hari ini disatukan oleh satu alasan, yaitu seni"imbuhnya.

Dirinya menghimbau kepada pimpinan perguruan tinggi untuk menjaring calon mahasiswa baru yang memiliki bakat seni.

"kami menghimbau agar perguruan tinggi di Aceh mengundang para calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang seni untuk masuk perguruan tinggi tanpa tes,"tandas Wakil Rektor III Unsyiah ini.

Karena menurutnya, mereka yang memiliki prestasi dibidang seni memiliki karakter yang mulia.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Unsyiah, para Wakil Rektor III Se Aceh, para Wakil Dekan III dalam lingkungan Unsyiah dan undangan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, usai pembukaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. Zainuddin, MA memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta.

“Meskipun hanya kita satu-satunya perguruan tinggi keagamaan islam negeri, yakin dan percayalah jika kita mampu bertanding dan bersanding,”pungkasnya.(Syahrial)