IAIN Langsa
Mapala IAIN Langsa Terima Penghargaan dari Presiden RI  

08 Februari 2019

 

KOTA LANGSA (Humas) -  Mahasiswa Pencinta Alam Macopala Institut Agama Islam Negeri Langsa menerima penghargaan tanam 25 pohon selama hidup dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Indra Bagus Putra Pratma, Phd bertepatan pada peringatan Hari Lahan Basah Sedunia di Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa, jum'at (8/2) pagi. 

Saat menyerahkan penghargaan yang diterima langsung oleh ketua Mapala Macopala IAIN Langsa Feby Yuliansyah Indra berpesan agar pengelolaan hutan mangrove harus dikelola dan dilestarikan oleh anak-anak muda yang enerjik.

"Ini (hutan mangrove,red) Mapala yang harus pelihara, anak-anak muda," pesannya.

Sebelumnya, Indra menjelaskan bahwa mangrove sangat bermanfaat bagi lingkungan kehidupan manusia antara lain sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, sarana penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia hhk dan hhbk, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

Pada kesempatan itu Indra mengajak semua hadirin untuk bersama-sama menumbuh kembangkan kesadaran untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove dan mempertahankan pengelolaan ekosistem berkelanjutan yang nantinya berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Syahrial)