blog_2
Mahasantri Ma`had Al-Jami`ah IAIN Langsa ikut meriahkan Rihlah Ilmiah V Ma`had Al-Jamiah se-Indonesi

00 0000

Medan, Ma'had Al-Jamiah UIN Sumatera Utara menjadi tuan rumah pada acara Rihlah Ilmiah V Ma'had Al-Jamiah Se Indonesia yang berlangsung mulai tanggal 7-11 Mei 2018. Perhelatan akbar yang merupakan agenda tahunan ini digelar sebagai wadah silaturahmi Mahad Al-Jamiah Se Indonesia.

Acara yang mengangkat tema "Dengan Semangat NKRI Kita Rawat Kebhinekaan" ini dibuka langsung oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA. Dalam sambutannya beliau berharap agar keberadaan Ma'had Al-Jamiah dapat berkontribusi dalam mnciptakan kompetisi literasi digital dalam mnghadapi tantangan kehidupan diera milenial. "dengan berlangsungnya kegiatan ini saya berharap agar Ma'had Al-Jamiah yang ada diseluruh Indonesia dapat menyatukan visi bersama dalam hal memberikan kontribusi besar terhadap pergerakan dunia pendidikan dalam era milenial yang kian meroket" harap beliau.

Acara ini diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari Ma'had Al-Jamiah seluruh Indonesia termasuk Ma'had Al-Jamiah IAIN Langsa yang mengutus 5 (Lima) orang peserta yang akan bertarung dalam masing-masing cabang lomba. Adapun kategori perlombaan yang diselenggarakan yaitu (1) Pidato Bahasa Arab (2) Pidato Bahasa inggris  (3) Syarhil bahasa inggris (4) Syarhil bahasa Indonesia (5) Kaligrafi Dan (6) Tahfidzul qur'an.

Menariknya, Rihlah Ilmiah V MahadAl-Jami'ah Se Idonesia kali ini tidak hanya diisi dengan kegiatan lomba antar mahasantri. Beberapa agenda menarik juga dipersiapkan untuk memeriahkan acara, diantaranya: Forum Group Discussion (FGD) Pimpinan, Ma'had Al-Jamiah se-Indonesia, Seminar Ma'had Al-Jamiah, Study Empiris, Pagelaran seni dan budaya dan Bazar. (Widari)