IAIN Langsa
Jurusan Perbankan Syariah Paling Diminati

16 April 2015

"Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah menjadi jurusan palingA banyak diminati oleh mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa saat ini", hal itu disampaikan oleh kepala Sub Bagian Akademik, Alumni dan Humas H. Mulyadi Nurdin, Lc, MH usai melaksanakan kegiatan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) di MAN dan SMAN 1 Rantau Peureulak Aceh Timur, selasa (14/4/2015).

Hadir dalam pertemuan tersebut Humas IAIN, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Rudi Iswadi, S.Sos.I. Pengelola Radio Cot Kala FM, Andika Jaya Putra, MA, serta staf Humas, Syahrial, S.Pd.I.

Mulyadi Nurdin menjelaskan, data yang diterima dari UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan DataA IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, saat ini jumlah calon mahasiswa yang sudah mendaftar pada prodi perbankan syari'ah melalui jalur SPAN-PTKIN berjumlah 209 orang, sedangkan kouta yang di terima untuk prodi tersebut hanya 65 orang, “Ini menunjukkan bahwa prodi ini sangat diminati oleh para calon mahasiswa” terangnya.

Untuk prodi kedua yang banyak diminati oleh calon mahasiswa yaitu prodi Ekonomi Syariah, yang berjumlah 107 orang, kouta yang dialokasikan melalui jalur SPAN-PTKIN berjumlah 40 orang, kedua prodi tersebut bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

“Ini data sementara yang mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN, sedangkan jalur UM-PTKIN dan jalur mandiri akan dibuka pada tahap berikutnya, setelah dibuka nanti diyakini calon mahasiswa akan sangat banyak,” tambah Mulyadi.

Lebih lanjut Mulyadi menjelaskan, mahasiswa yang menempuh pendidikan di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa lebih banyak didominasi alumni SMA, meskipun lembaga pendidikan ini dibawah Kementerian Agama, namun mahasiswaA yang berasal dari SMA lebih banyak dibandingkan dengan MAN. ”Ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan ini sudah dipercaya oleh masyarakat, dapat bersanding dan bersaing dengan Perguruan Tinggi umum lainnya,” tambah Mulyadi.

Mulyadi juga mengharapkan semua pihak supaya mendukung upaya IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa dalam mendidik anak bangsa dan melahirkan intelektual Muslim di Aceh. 

Sumber: peristiwa.co