IAIN Langsa
Jelang Perkuliahan, TIPD Lakukan Singkronisasi Penggunaan SIAKAD

04 September 2019

Kota Langsa (Humas) - Menjelang aktif perkuliahan, UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Institut Agama Islam Negeri Langsa melakukan singkronisasi penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) bagi admin yang berlangsung di gedung Laboratorium Terpadu, Rabu (4/9/2019) pagi.

Kepala UPT TIPD IAIN Langsa Habibi, ST mengatakan, singkronisasi ini diikuti oleh 40 admin yang berasal masing-masing Program Studi dan unit.

Habibi berharap, melelaui kegiatan singkronisasi ini diharapkan pengelolaan SIAKAD dapat berjalan lebih lancar lagi dari tahun sebelumnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi, singkronisasi serta optimalisasi penggunaan SIAKAD dikalangan admin masing-masing fakultas.

Dijelaskannya,saat ini menu aplikasi yang tersedia di aplikasi SIAKAD belum optimal digunakan,hanya sebatas menginput penjadwalan kuliah, pengisian KRS, pengisian nilai, evaluasi dosen. Sebenarnya, SIAKAD bisa merangkum riwayat mahasiswa dari terdaftar sampai lulus.

Jadi kita coba optimalkan penggunaan hal-hal yang belum digunakan selama ini, mudah-mudahan itu bisa untuk membenahi data dasar pelaporan kinerja perguruan tinggi,”ujarnya.

Suhaili berharap, agar mahasiswa bisa pro aktif dalam mengisi data-data yang diperlukan aplikasi SIAKAD, bagi TIPD Suhali memintaagar terus memantau seluruh proses administrasi yang ada di SIAKAD dan untuk admin fakultas lebih aktif untuk menginput data, penyesuaian data dengan apa yang terjadi di lapangan.

Singkronisasi SIAKAD ini dipandu oleh Nofrizal Zaim dari tim TIPD. Untuk lebih memudahkan para admin dan mahasiswa pihaknya akan memberikan tutorial cara penggunaan SIAKAD.

“Semua proses dari mata kuliah sampai dengan yudisium akan dilaporkan ke Forlap Dikti persemesternya,”demikian Nofrizal.(Syahrial)