IAIN Langsa
Jelang Pelaksanaan PIONIR Ke 9, IAIN Langsa Lakukan Berbagai Tahapan

09 Mei 2019

Kota Langsa (Humas) – Menjelang pelaksanaan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke 9 yang dilaksanakan pada tanggal 15 sd 21 Juli 2019 di UIN Malang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa terus melakukan berbagai tahapan untuk menyukseskan perhelatan akbar tersebut.

Plt. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa Dr. Zainuddin, MA saat rapat bersama Rektor, para Wakil Dekan dan official, Kamis (9/5) pagi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai tahapan dimulai dari pendaftaran seleksi peserta yang dibuka dari tanggal 10 sd 13 Mei 2019, seleksi peserta tanggal 14 sd 16 Mei 2019, penetapan hasil seleksi tanggal 17 Mei 2019, pelaksanaan TC dijadwalkan awal sampai akhir bulan Juni dan keberangkatan pada tanggal 14 Juli 2019 mendatang.

Zainuddin menjelaskan, tahun ini ada 14 mata lomba yang akan ikut bertanding di ajang Pionir nantinya.

“14 mata lomba sesuai dengan potensi mahasiswa, berangkat kali ini targetnya adalah juara, hasil seleksi jika tidak memenuhi standar nasional maka kami tidak akan mengikut sertakan,”tukas Zainuddin.

Ditempat yang sama, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA menyebutkan, PIONIR merupakan kegiatan rutinitas nasional yang dilaksanakan dalam setiap dua tahun sekali, tentu perlu evaluasi perkembangan dari tahun sebelumnya, sehingga kelemahan dan kegagalan dapat diperbaiki pada kegiatan berikutnya.

Lanjut Rektor, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan PIONIR, yang pertama, perlombaan yang diikuti harus menjadi identitas lembaga, seperti MTQ, Tahfizh Alquran, riset dan lainnya, kedua, memiliki potensi dan ketiga mempunyai standar.

“Tiga hal ini yang menjadi stressing kita,”imbuh Rektor.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas semangat dan partisipasi.

“Ikuti rambu-rambu dan aturan yang berlaku, jika ada kejanggalan dan kesalahan di penyelnggara kegiatan maka dapat ditempuh melalui jalur yang ada,”demikian tutup Rektor.

Adapun mata lomba yang diikuti yaitu, kategori ilmiah meliputi Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris dan Musabaqah Karya Tulis al-Qur'an, kategori olah raga mencakup Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Pencak Silat dan panjat dinding, kategori seni meliputi Musabaqah Tilawatil Qur'an Putra, Musabaqah Tilawatil Qur'an Putri, Musbaqah Hifdz Al-Qur'an 5 Juz / 10 Juz Putra, Musbaqah Hifdz Al-Qur'an 5 Juz  / 10 Juz Putri, Musbaqah Hifdz Al-Qur'an 30 Juz Putra, Musbaqah Hifdz Al-Qur'an 30 Juz Putri, Kaligrafi, Pop Solo Islami Putra/Putri, Pemilihan Da'i Mahasiswa dan Karya Tulis Ilmu-Ilmu Sosial.

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri dapat langsung menghubungi masing-masing official dan informasi lebih lanjut dapat berkomunikasi dengan Kasubbag Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Saudara Muslim, M. Si (08116879970). (Syahrial)