IAIN Langsa
IAIN Langsa Laksanakan Wisuda Sarjana Cluster II Tahun 2019

28 November 2019

Langsa (Humas) - Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr H Basri, MA saat mewisuda Sarjana Strata satu (S-1) TA 2018/2019 di Aula Gedung Laboratorium Terpadu, Kamis (28/11).

Ketua Panitia Wisuda Sarjana Cluster II Tahun 2019, Dr.Muhammad Suhaili Sufyan dalam laporannya mengatakan, wisuda ini merupakan proses kegiatan akademik satu semester genap tahun akademik 2018/2019 yang menghasikan lulusan sebanyak 301 orang.


Adapun 301 sarjana IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, yang diwisuda, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran: 148 orang terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 28 orang; Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 7 orang Prodi Pendidikan Matematika (PMA), 34 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 38 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 23 orang;Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), 18 orang; Fakultas Syariah sebanyak 49 orang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 37 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 6 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN), 6 orang. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sebanyak 61 orang terdiri dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 26 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), 31 orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), 4 orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 43 orang, Prodi Perbankan Syariah (PBS), 43 orang,


Sementara dari jumlah 301 lulusan yang diwisuda, sebanyak 9 mahasiswa meraih predikat cumlaude yakni, Farazia Rezki Puteri, SPd Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan jurusan Pendidikan Matematika IPK (3,79), Indri Retnowati, SH Fakultas Syariah jurusan Hukum Tatanegara Islam IPK (3,77), Fitri Anita, SH Fakultas Syariah jurusan Hukum Ekonomi Syariah IPK (3,74).


Kemudian, Khairunnisa, SPd Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan jurusan Pendidikan Agama Islam IPK (3,69), Syahriani Galingging, SE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jurusan Perbankan Syariah IPK (3,68), Evillia Purnamasari, SE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam jurusan Perbankan Syariah IPK (3,68).


Selanjutnya Lia Hartina, S.Sos Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IPK (3,64), Erlina, SPd Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan jurusan Pendidikan Guru Madradah Ibtidaiyah IPK (3,63) dan Wiwid Anggiasari, S.Sos Fakultas Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IPK (3,53).
Sementara Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr H Basri, MA menyampaikan menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan/i atas keberhasilan menyelesaikan pendidikannya.


"Selama ini anda sebagai orang yang kami bina di kampus ini, Isya Allah ke depan kami berharap para wisudawan/wisudawati dapat menjadi mitra yang dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan kampus yang kita cintai ini," sebutnya.


Dikatakan Rektor, memasuki era revolusi industri 4.0 atau sering disebut era disrupsi teknologi, dan dengan kondisi persaingan gobal yang kian meningkat, kami berharap lulusan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, yang diwisuda ini mampu bersaing dalam mengambil posisi baik di dunia kerja maupun dunia usaha.


Semasa perkuliahan anda telah dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, serta wawasan, namun keberhasilan anda ke depan sangat tergantung dari usaha dan kerja keras yang anda lakukan. "Kami berharap saudara terus meningkatkan kemampuan yang telah diperoleh selama belajar disini, carilah sebanyak banyaknya pengalaman, karena banyak keberhasilan yang diperoleh dari berbagai pengalaman yang telah dilalui," sebut Rektor.


Sambung Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa lagi, jangan bangga karena telah bergelar sarjana. Bahkan di masa kini seseorang lebih bangga mengaku sebagai mahasiswa semester akhir daripada seorang sarjana yang tidak bekerja. "Memasuki periode kedua dari rencana strategis pengembangan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, yakni periode 2019-2024, dengan sasarannya Peningkatan Mutu Layanan, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa terus melakukan pembenahan yang difokuskan pada standar mutu layanan, dimana seluruh program kerja baik jangka menengah maupun jangka pendek harus memiliki kontribusi terhadap peningkatan mutu."

Memanfaatkan teknologi dan informasi di era Revolusi Industry 4.0 ini, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa melakukan perubahan sistem kerja dan layanan dari manual ke digital. Optimalisasi layanan digital atau digitalisasi layanan ini, dilakukan dengan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kapasitas di bidang IT.


"Dalam mengoptimalkan digitalisasi layanan, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa akan mempersiapkan tata kelola manajerial dan sistim digitalisasi secara modern dan memiliki kapasitas, profesional serta karakter yang baik," tandas Rektor.