blog_2
IAIN Langsa Laksanakan Seleksi Mahasiswa Baru Jalur UM PTKIN

00 0000

Kota Langsa (Humas) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melaksanakan seleksi mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang berlangsung di kampus setempat, selasa (21/5).

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA saat memantau pelaksanaan ujian mengatakan, proses pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa peserta yang tidak hadir.

"Secara keseluruhan pelaksanaan ujian jalur UM-PTKIN ini berjalan dengan lancar dan tertib, meskipun terdapat beberapa peserta yang tidak hadir” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Basri Ibrahim, MA mengatakan, tahun ini calon mahasiswa yang memilih di kampus IAIN Langsa melalui jalur Ujian Masuk mencapai 1.269 orang.

“Tahun ini sebanyak 1.269 orang calon mahasiswa memilih kampus IAIN Langsa, yang lain boleh ikut testing tempat lain memilh IAIN Langsa, lokasi ujian yang berbeda, sementara yang ikut testing di kampus IAIN Langsa sebanyak 580 orang” ungkapnya.

Basri menyebutkan, Kouta mahasiswa baru untuk IAIN Langsa sebanyak 1.400 orang melalui tiga jalur yaitu jalur Seleks Prestasi Akademik Nasional (SPAN) jalur Ujian Masuk dan jalur mandiri.

“Ada tiga jalur pendaftaran, jalur SPAN menampung 50% sekitar 700, jalur UM 30% atau 420 dan jalur mandiri kuota yang ditampung 20%” imbuhnya.

Tujuan dilaksanakannya ujian, lanjut Basri, untuk mencari input-input yang baik seseuai dengan prestasi yang dimiliki di bangku sekolah, selain itu akan diketahui tingkat motivasi masyarakat yang melanjutkan kuliah pada perguran tinggi.

Selain pelaksanaan ujian dilakukan dengan cara sistim manual, pada ujian kali ini IAIN Langsa juga menerap ujian dengan sistim computer based test (CBT). (Syahrial)