IAIN Langsa
HMJ Matematika Gelar Kompetisi Matematika

25 September 2019

Kota Langsa (Humas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri Langsa menggelar kompetisi matematika III untuk kalangan pelajar, kegiatan itu berlangsung di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kampus setempat, Rabu (25/9/2019).

Ketua panitia Radinsyah mengatakan, kompetisi matematika ini melombakan tiga jenis perlombaan yaitu cerdas cermat matematika, hitung cepat dan rangking satu.

Kegiatan yang mengusung tema “Salah satu indikator untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran matematika”ini diikuti oleh pelajar tingkat SMP dan SMA dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Sambung Radiansyah, kompetisi matematika ini bertujuan untuk menggali potensi dan menyalurkan bakat para pelajar.

“Kita ketahui adik-adik kita memiliki potensi yang luar biasa, namun jika tidak ada media untuk menyalurkan bakat tersebut maka bakat itu akan hilang begitu saja,”imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memperkenal IAIN Langsa lebih dekat lagi bagi kalangan pelajar yang kelak akan melnjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa Dr. Iqbal, M. Pd mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ Pendidikan matematika.

Dikatakannya, dalam Alqur’an tidak hanya menceritakan tentang kisah-kisah para nabi dan sejarah-sejarah semata, namun banyak ayat juga yang mengupas tentang ilmu pengetahuan, untuk itu Dekan meminta semua pihak agar senantiasa mengkaji ayat-ayat yang ada di dalam kalam Allah.

Lebih lanjut Dekan mengatakan, dalam menuntut pendidikan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, maka yang terpenting untuk melewati tahapan itu adalah dengan cara memiliki kesungguhan yang kuat.

“Kesungguhan belajar itu sangat penting sekali dalam menempuh pendidikan,”tukasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh para pimpinan tingkat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ketua Jurusan dan undagan lainnya. (Syahrial)