IAIN Langsa
DEMA FTIK Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Bireun

22 November 2019

Kota Langsa (Humas) -  Dewan Eksekutif Mahasiswa  (DEMA)  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengabmas) di Desa Blang Teumulek, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireun sejak tanggal 20 - 21 November 2019.

Ketua panitia  Kegiatan pengabdian masyarakat M.Syafrian lewat rilis yang diterima humas IAIN Langsa, Jumát (22/11/2019) menyebutkan, selama 2 hari pihaknya melakukan sejumlah agenda diantaranya adalah silaturrahim dan perkenalan dengan perangkat desa untuk mengkoordinasikan kegiatan yang akan dilaksanakan, selanjutnya kegiatan dimulai dengan melaksanakan opening ceremonial yang dihadiri oleh perangkat Desa dan diikuti oleh masyarakat setempat sertac dilanjutkan dengan sosisalisasi pendidikan di lembaga pendidikan tingkat Pendidikan Anaak Usia Dini  sekitar desa setempat,

Anak-anak PAUD terlihat sangat antusias ketika mengikuti serangkaian acara yang diselenggarakan panitia mulai dari penyuluhan sikat gigi dan mencuci tangan, semua tampak ceria mengikuti instruksi dari mahasiswa. Hal ini juga nampak ketika mahasiswa mengajar di kelas, para siswa aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar yang dipimpin mahasiswa.

“Rangkaian kegiatan pengabmas ini merupakan salah satu bentuk aplikasi Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan tujuan utama kegiatan pengabmas ini sebagai ajang mempromosikan kampus IAIN LANGSA khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di daerah yang sulit dijangkau seperti daerah yang telah kami pilih untuk kegiatan ini”, ujar M.Syafrian.

Lanjutnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan pemberian bungoeng jaroe (cinderamata) dari panitia kepada Geuchik Desa Blang Teumulek.

Sementara itu, Geuchik Desa Blang Teumulek, Muhammad Isa menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa yang sudah mau datang ke desanya dan melakukan pengabdian masyarakat serta sosialisasi kepada anak anak di PAUD.

“Saya melihat kegembiraan pada anak anak PAUD”imbuhnya.

PJ Ketua Umum DEMA FTIK IAIN LANGSA, Faurizal mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu hasil rapat RENSTRA Komisi III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yaitu peluasan wilayah KPM dan target jangkauan mahasiswa kuliah di IAIN Langsa yang dulu fokus pada 4 Kabupaten/Kota sekarang menjadi 7 Kabupaten/Kota.(NM/Syahrial)