IAIN Langsa
BAN PT Lakukan Asessmen Lapangan Prodi PIAUD IAIN Langsa

02 Agustus 2019

Kota Langsa, (Humas) - Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Parguruan Tinggi (BAN-PT), Jum'at (2/8/2019) pagi melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa.
 
Tim Assesor yang berjumlah dua orang ini yaitu Dr. Aan Listiana, M. Pd dan Dr. Asep Supena, M. Psi disambut langsung oleh Rektor beserta jajaran pimpinan Rektorat dan Fakultas Tarbiyah, Ilmu Keguruan.
 
Setelah disambut oleh Rektor, tim assesor melihat langsung fasilitas, sarana dan prasana penunjang akademik di Perpustakaan, gedung laboratorium terpadu, lab school PIAUD dan ruangan Fakultas Tarbiyah, Ilmu Keguruan.
 
Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA saat menyambut tim assesor mengucapkan selamat datang di Kota Langsa dan kampus IAIN Langsa.
 
Rektor menjelaskan bahwa Kota Langsa merupakan kota yang humanis banyak etnis yang menetap di kota "jasa" tersebut.
 
Rektor juga memperkenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Langsa diantaranya hutan mangrove dan hutan lindung.
 
"Saat ini Pemerintah Kota Langsa terus mengembangkan sektor jasa, baik jasa wisata, pendidikan, kesehatan dan industri,"jelas Rektor.
 
Pada kesempatan itu, Rektor juga memaparkan secara singkat profil IAIN Langsa.
 
Dikatakannya, secara akademik IAIN Langsa telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi  dengan mengacu pada standar borang akreditasi.
 
"IAIN Langsa telah banyak melakukan pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan penyelenggaraan pendidikan,"imbuhnya.
 
Rektor berharap kerja yang telah dibangun selama ini akan membuahkan hasil yang baik, sehingga kepercayaan masyarkat kepada IAIN Langsa terus meningkat.
 
"Disamping memberikan penilaian, kami juga mengharapkan kontribusi, masukan dari assesor demi perbaikan dimasa yang akan datang,"tukasnya.
 
Kepada pihak Prodi, Rektor meminta agar dapat mendampingi dan melayani tim assesor dengan maksimal.
 
Sementara itu, Dr. Asep Supena, M. Psi mengatakan, sebulan yang lalu pihaknya telah menilai dokumen borang PIAUD IAIN Langsa, setelah dievaluasi, BAN - PT memutuskan bahwa Prodi PIAUD telah layak untuk divisitasi.
 
Dijelaskannya, pihaknya hanya melakukan evaluasi, menyesuaikan data sesuai dengan dokumen yang sudah dikirimkan.
 
"Kami sangat membutuhkan bantuan bapak - ibu untuk menyiapkan data-data yang dibutuhkan, sehingga prosesnya akan mudah,"ujar dosen Universitas Negeri Jakarta ini.
 
Asep juga mengatakan, pihaknya tidak hanya memberikan score namun juga memberikan pembinaan sehingga ada perubahan yang positif dari waktu ke waktu.(Syahrial)