IAIN Langsa
160 Mahasantri Baru Ikut Taaruf Kemahadan di Mesjid Az-Zawiyah IAIN Langsa

08 September 2019

Langsa, Ma'had Al-Jami'ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa gelar ta'aruf kema'hadan untuk 160 Mahasantri Baru di Mesjid Az-Zawiyah IAIN Langsa (7/9).

Acara yang diadakan pada sabtu malam tersebut diawali dengan shalat 'isya berjamaah, sebagai pondasi penguatan rohani terhadap seluruh mahasantri. Tepat pukul 20.20 WIB, Sdr. Husnul Yakin selaku MC membuka acara dengan sambutan "Ahlan wa sahlan" kepada mahasantri baru Ma'had Al-Jamiah tahun akademik 2019-2020.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Ustadz Mulyadi meawakili segenap Pamong Ma'had Al-Jami'ah menyampaikan segala Tata tertib dan kewajiban Mahasantri selama tinggal di Ma'had Al-Jami'ah nantinya. Mulai dari jadwal pengajian rutin mahasantri, tata cara izin keluar-masuk asrama, peraturan ketertiban dan kebersihan asrama, serta larangan-larangan pokok dalam menjaga nama baik lembaga. Melalui kegiatan ini Mahasantri Baru Ma'had Al-Jamiah diharapkan menjadi Pemuda/i Milenial religius yang mampu membuat perubahan besar yang lebih baik pada masa depan dilevel nasional dan internasional baik dalam khasanah ilmu pengetahuan maupun ilmu agama.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Ustadz Mursyidin AR, selaku Mudir Ma'had Al-Jami'ah dalam Pengarahannya melalui segmen penguatan intelektual mahasantri. Beliau menyampaikan beberapa poin pokok dalam memotivasi mahasantri untuk menuntut ilmu diantaranya yaitu menghormati orang tua, memuliakan guru, kemauan menuntut ilmu, dan strategi pemanfaatan waktu. "Menjadi mahasantri masa kini tidak hanya dituntut untuk patuh terhadap orang tua, namun guru sebagai penyaji ilmu pengetahuan juga harus dimuliakan agar kita mendapatkan berkah dari ilmu yang telah kita pelajari". Jelas beliau.

Diakhir acara, Ustadz Iswar Sukarsa juga tidak lupa mengambil alih acara dengan memperkenalkan para pengurus Ma'had Al-Jami'ah yang terdiri dari Mudir Ma'had, Staf Pengurus, Pamong serta Musyrif dan Musyrifah yang bertugas dalam pengawasan mahasantri di Ma'had A-Jami'ah.

Acara berlangsung dengan lancar, mahasantri sangat antusias mendengarkan arahan dan bimbingan tentang ke ma'hadan dan motivasi dalam menuntut ilmu selama tinggal di Ma'had Al-Jami'ah. (sukarsa)